Sarana Membangun Pohjentrek Maju dan Harmonis, sebuah Inovasi kelurahan Pohjentrek untuk mengkolaborasikan media informasi digital berbasis web, media sosial Instagram dan Youtube untuk memberikan layanan kelurahan kepada masyarakat untuk selanjutnya juga akan dikembangkan melalui media-media lainnya seperti Reels, X, Tik Tok dan lain-lain. Layanan tersebut menjadi sarana penyampaian informasi, menjadi jembatan virtual untuk mengkomunikasikan kebutuhan masyarakat termasuk sistem pengaduan online melalui Sambat nang Lurah, sebuah miniatur proses pengaduan masyarakat di tingkat kelurahan
Melalui Sambat nang Lurah di laman www.pohjentrek.pasuruankota.go.id juga memfasilitasi sistem pengaduan masyarakat berbasis web yang bisa melayani pengaduan masyarakat secara real time tanpa menunggu jam pelayanan pada jam kerja. Ketika warga masyarakat mendapati sebuah kebutuhan untuk mengadukan sesuatu hal, misalnya lampu penerangan jalan umum mati, pohon tumbang, pengelolaan sampah yang bermasalah, kebocoran air PDAM dan berbagai permasalahan yang perlu disampaikan tanpa melalui mekanisme formal secara berjenjang melalui RT, RW dan Kelurahan yang lebih kaku.
Melalui Sambat nang Lurah warga diarahkan untuk mengisi formulir online, baik nama, nomor kontak, alamat, lokasi permasalahan, informasi kebutuhan pengaduan dan akan lebih baik jika dilengkapi dengan foto dokumentasi untuk menjelaskan situasi permasalahan. Setelah formulir tersebut terisi, maka Pemerintah Kelurahan akan membahas di tingkat kelurahan untuk dicarikan solusi penanganannya. Manakala diperlukan upaya oleh Dinas terkait yang lebih tinggi, maka Kelurahan akan bersurat jika diperlukan atau sekedar menghubungi melalui hotline tertentu untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

Dengan bantuan teknologi dan pola-pola kolaborasi yang sesuai, diharapkan Sambat Manis dapat menjadi solusi untuk membongkar sekat-sekat komunikasi dan mendapatkan jalan untuk mengatasi permasalahan di masyarakat.
Dowload Brosur Sambat Manis _ Inovasi Pengaduan Masyarakat Kel Pohjentrek